Wajib Tahu, Ini Manfaat Buah Salak Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Salak Untuk Ibu Hamil

Seorang ibu hamil tentu tidak boleh asal makan makanan sembarangan jika tidak ingin terjadi suatu hal fatal yang dapat menimpa dirinya dan calon buah hati. Banyak makanan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, seperti es, masakan pedas, dan lainnya. Demikian juga dengan buah. Walaupun buah itu merupakan makanan yang memiliki banyak kandungan baik bagi tubuh, ibu hamil juga tidak boleh asal memakan buah, contohnya seperti durian. Nah, apakah ada buah yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Tentu saja ada. Salah satu buah yang baik untuk ibu hamil ialah salak. Banyak kandungan dari buah salak yang baik bagi proses kehamilan ibu. Berikut adalah manfaat buah salak untuk ibu hamil.

  1. Menjaga Kesehatan

Buah salak memiliki kandungan vitamin C yang itu berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Vitamin C juga berguna untuk mendukung tubuh ibu hamil melawan infeksi. Selain itu, manfaat salak untuk ibu hamil untuk menjaga kesehatan juga dipengaruhi oleh kandungan fitonutrien dalam buah salak yang baik untuk masa trimester pertama.

  1. Sebagai Antioksidan

Buah salak memiliki kandungan betakaroten cukup tinggi dibandingkan dengan mangga. Kandungan ini cukup memiliki manfaat bagi ibu hamil, yaitu untuk menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai penyakit baik untuk ibu atau janin. Manfaat buah salak bagi ibu hamil juga dapat menurunkan resiko ibu dan janin terkena penyakit jantung dengan senyawa yang terdapat dalam buah salak.

  1. Mengatasi Anemia

Anemia adalah penyakit kekurangan sel darah merah. Apabila ibu hamil merasakan tanda-tanda anemia, maka cobalah untuk mengonsumsi buah salak. Zat besi dalam salak berpengaruh besar pada produksi sel darah merah bagi seorang ibu hamil. Ibu hamil memerlukan banyak darah merah untuk menyumbangkan oksigen pada janin melalui plasenta.

  1. Mengatasi Asam Lambung

Khasiat buah salak untuk ibu hamil yang selanjutnya ialah dapat mengatasi gangguan asam lambung. Ibu hamil biasanya akan merasa mual pada trimester awal. Dengan mongkonsumsi buah salak, maka rasa mual tersebut bisa sedikit berkurang. Jadi salak merupakan obat alami untuk mengatasi mual pada ibu hamil.

  1. Menjaga Berat Badan

Salak merupakan buah yang baik untuk mengganjal lapar dikarenakan sifatnya yang mengenyangkan. Bagi ibu hamil, menjaga berat badan dan kesehatan itu penting. Dengan mongonsumsi buah salak maka kesehatan akan membaik dan berat badanpun akan lebih terkontrol.

  1. Menguatkan Tulang

Salak mengandung kalsium yang baik untuk tumbuh kembang tulang janin atau menguatkan tulang ibu hamil. Dengan mengkonsumsi salak secara teratur maka manfaat yang bisa dirasakan oleh ibu ialah tulang yang kuat dan lebih memiliki stamina dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Ibu hamil harus memiliki energy dan kekuatan yang lebih karena proses hamil cukup menguras stamina sang ibu.

  1. Menguatkan Memori Janin

Manfaat buah salak untuk ibu hamil ialah dapat menguatkan memori pada janin nantinya. Kandungan pectin dalam buah salak sangat baik untuk memberikan nutrisi pada perkembangan otak janin. Sehingga kelak ia dapat menjadi anak yang cerdas.

Itulah beberapa manfaat buah salak untuk ibu hamil. Dengan mengkonsumsi buah salak secara rutin kesehatan ibu serta janin akan lebih baik. Asupan nutrisi dan zat baik yang terkandung dalam salak akan membuat ibu lebih nyaman mengonsumsi buah ini. Selain itu, kelebihan salak yang bisa dimakan walau dalam keadaan mual luar biasa oleh ibu hamil bisa menjadi solusi untuk tambahan nutrisi yang cukup apabila ibu susah makan.