Jangan Dibuang! Ini 10 Khasiat Kulit Semangka yang Mengagumkan

Khasiat kulit semangka

Khasiat kulit semangka – Buah semangka adalah buah yang banyak mengandung air. Buah ini berasal dari Afrika Selatan.  Bentuknya bulat lonjong dan merupakan buah yang sangat digemari ketika musim panas. Kulit semangka memiliki corak warna hijau yang khas. Kulit buah bagian dalam yang agak tebal berwarna putih. Kulit ini sering kali dibuang setelah dimakan dagingnya. Daging semangka ada yang berwarna merah dan ada juga yang berwarna kuning. Padahal, selain dagingnya, kulitnya juga bisa kita makan lho. Kulit semangka mengandung vitamin A, B6 juga potassium, magnesium dan seng. Bahkan kulit semangka memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

10 Khasiat Kulit Semangka Untuk Kesehatan

  1. Baik Untuk Penderita Penyakit Jantung

Kulit semangka mengandung kalium. Kalium inilah yang berperan dalam membantu memperlancar peredaran darah dan meringankan kerja jantung. Kulit semangka juga mengandung citruline. Citruline ini kemudian diubah menjadi arginin yang baik untuk kesehatan pembuluh darah dan baik untuk jantung.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Khasiat kulit semangka yang kedua  adalah menjaga kesehatan ginjal. Tentu saja, karena kulit semangka mengandung arginin dan citrulin yang dapat memperlancar jalannya urine sehingga racun dan kotoran juga bisa dikeluarkan seluruhnya dari ginjal.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kulit semangka memiliki banyak serat. Sehingga khasiat kulit semangka juga berperan pada kesehatan pencernaan. Jika kulit semangka ini dibuat menjadi jus dan diminum, maka dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi sembelit.

  1. Mengobati Diabetes

Kencing manis bisa dikurangi secara perlahan dengan mengonsumsi kulit semangka. Mengapa? Karena  kandungan arginin dalam kulit semangka dapat meningkatkan sensivitas insulin, ini bagus untuk penderita diabetes tipe dua.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, kulit semangka dapat dipadukan dengan jambu biji. Caranya, rebuslah kulit semangka dengan jambu biji yang mengkal. Jika kamu merebus dengan 3 gelas air, maka usahakan agar air yang tersisa tinggal segelas lagi, barulah bisa diminum. Dan, minumlah dalam keadaan sudah dingin.

  1. Meningkat Sistem Imun

Kulit semangka juga banyak mengandung vitamin C dan antioksidan. Sehingga khasiat kulit semangka jika dikonsumsi secara teratur mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi semangka, cairan dalam tubuh akan tetap terjaga dan mengatasi kelebihan cairan tubuh. Ini juga penting untuk meningkatkan sistem imun.

  1. Melindungi dari Radikal Bebas

Kulit semangka juga mengandung likopen. Likopen ini bisa berperan dalam menangkal radikal bebas sehingga kulit tubuh bisa terlindungi.

  1. Mengurangi Kecemasan

Kulit semangka mengandung citrulline sehingga khasiat kulit semangga juga dapat mengurangi rasa cemas yang berlebihan.

  1. Baik untuk Kesehatan Mata

Meski tidak sebaik tomat, tetapi beta-karoten dalam semangka juga berperan dalam menjaga kesehatan mata.

  1. Baik untuk penderita hipertensi

Hipertensi atau biasa dikenal dengan darah tinggi banyak dialami oleh orang yang sudah dewasa hingga orang tua. Untuk mengatasinya penderita dapat memanfaatkan khasiat kulit semangka dengan mengonsumsinya. Kulit semangka mengandung kalium dengan kadar yang tinggi. Ini baik untuk kelancaran peredaran darah dan mengurangi masalah kardiovaskuler. Selain itu, dengan mengonsumsi kulit semangka, tekanan darah menjadi lebih stabil.

10.Bagus untuk kulit

Kulit semangka bagus untuk kulit karena dapat menghaluskan kulit. Kandungan likopen pada kulit semangka juga berguna untuk mengatasi jerawat. Likopen selain untuk jerawat, juga  berperan dalam meregenerasi sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih cerah dan halus.

Khasiat kulit semangka tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk kecantikan. Seperti yang telah disebutkan diatas, kulit semangka dapat mengatasi timbulnya jerawat. Semua buah dan sayuran di dunia ini memang memiliki khasiat tersendiri. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu. Namu, apakah ada orang yang tidak menyukai semangka? Sepertinya tidak. Harga semangka pun cukup terjangkau, jadi tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi buah ini.