4 Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya Secara AlamiBau mulut atau nafas tak sedap sering menjadi masalah bagi seseorang , terutama saat berkomunkasi dengan orang lain. Sering kali kita tida menyadari bahwa kita memiliki masalah bau mulut yang tak sedap. Sehingga bisa menimbulkan image negatif , dimana kita dianggap orang yang jorok dan karena tidak menjaga kebersihan mulut.

Aroma yang tidak sedap kadang muncul dan bisa dianggap wajar . Namun pada kondisi tertentu, masalah nafas mulut bau bisa menjadi kronis. Oleh karena itu kita mesti cara tahu penyebab bau mulut itu apa dan cara mengatasinya.

Faktor Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Dari berbagai macam faktor yang mengakibatkan bau mulut tak sedap. Sumber utama bau mulut berlebihan adalah dari penyakit mulut,ini biasanya karena kebiasaan yang buruk, ditambah kondisi kesehatan yang tidak fit dan jenis makanan yang Anda konsumsi.
80% penyebab masalah bau mulut dan nafas berasal dari mulut anda, aroma yang tak sedap merupakan sinyal bahwa kemungkinan ada masalah atau penyakit pada bagian mulut. Sedangkan sisanya berasala dari makanan dan penyakit medis diluar bagian mulut.

Beberapa faktor penyebab bau mulut

1. Kebersihan Gigi Yang Buruk
Anda yang tidak membersihkan mulutnya secara rutin setiap hari adalah penyebab utama terkena bau mulut. Tidak menyikat gigi rutin minimal 2 x sehari bisa menyebabkan kebersihan gigi yang buruk. Pastinya ini pemicu munculnya bau mulut yang paling utama. Karena sisa makanan yang tertinggal pada gigi, gusi tidak terangkat keluar, dan malah menempel . Sisa makanan ini nantinya akan difermentasi oleh bakteri, proses ini menyebabkan aroma mulut yang tidak sedap.

2. Merokok
Merokok merupakan kebiasan buruk yang mengakibatkan gangguan kesehatan. Salah satu penyebab bau mulut adalah merokok, dimana rokok mampu menimbulkan reaksi radang , inflamasi pada dalam mulut. Seseorang yang perokok aktif terdeteksi akan memiliki dampak negatif lebih banyak pada kerusakan gigi, iritasi pada gusi dan pertumbuhan bakteri lebih banyak.

3. Penyakit pada Gigi dan Mulut
Pada kondisi gigi rusak atau bolong merupakan sarana bagi bakteri dan kuman untuk menetap. Di bagian gigi yang bolong juga sering kali menjadi tempat sisa makanan yang kurang kita bersihkan. Gigi yang rusak ini akan menyebabkan infeksi bakteri, pada kondisi lebih parah bisa menyebabkan nanah, sehingga aroma bau busuk keluar saat kita berbicara. Plak makanan atau karang pada gigi juga menyumbang penyebab bau mulut membandel di mulut kita.

4. Mengkonsumsi Makanan Pemicu Bau Mulut
Seseorang bisa terkena bau mulut tak sedap dikarena kan juga oleh makanan yang dia konsumsi. Petai dan jengkol sudah menjadi makanan harian orang Indonesia, jadi tidak heran nafas anda bisa berubah bau jika mengkonsumsi kedua makanan ini. Disamping itu ada juga bawang merah, bawang bombai dan bawang putih. Walaupun bawang ini juga member khasiat untuk kesehatan tubuh, tapi konsumsi berlebihan ternyata menyebabkan nafas tak sedap. Pilihan makanan berserat akan menjadi pengimbang dan mengurangi masalah nafas tak sedap.

Cara Mengatasi Penyebab Bau Mulut yang Efektif

 

Aroma nafas yang keluar dari mulut yang tidak sedap pasti menyebabkan ketidaknyamanan saat berbicara. Hal ini memalukan, apalagi ketika anda berhadapan dengan orang penting atau bersama pasangan anda. Masalah bau mulut sebenarnya bisa dicegah dan diatasi. Berikut tips kesehatan untuk menjaga agar terhindar dari bau nafas yang tidak sedap

1. Rutin Membersihkan Mulut
Anjuran pertama menghilangkan bau mulut secara cepat adalah menyikat gigi anda secara baik. Setelah makan ada banyak sisa makanan yang mesti anda bersihkan. Agar terhindar dari kerusakan gigi karena enzim dalam mulut masih aktif sebaiknya ambil jeda 15 menit setelah makan sebelum anda menyikat gigi. Jangan lupa sikat gigi sebelum tidur, dan pastikan anda mengganti sikat gigi anda apabila sudah rusak.

2. Cek kondisi Mulut dan Gigi ke Dokter Gigi
Lakukan pemeriksaan rutin kepada dokter gigi terdekat. Disarankan Anda minimal 2 kali per tahun untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi yang bisa mengatasi bau mulut Anda. Mencegah, penyakit gigi dan mulut, seperti gigi rusak/bolog dapat pemicu bau mulut. Jangan tunggu sakit gigi dulu baru cek ke dokter , ini merupakan kebiasaan yang salah.

3. Berhenti Merokok
Tidak ada kata lain selain berhenti merokok. Kita sudah mengetahui dampak buruk merok bagi kesehatan dan khususnya bagi mulut. Bau mulut bisa dicegah apabila anda komitmen berhenti merokok . Selain itu akan menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.
Hindari mulut kering.

4. Untuk menjaga mulut supaya tidak kering, minum banyak air putih mengurangi konsumsi kopi,dan alkohol. Permen karet juga bisa menjadi pilihan untuk mencegah mulut kering karena bisa merangsang air liur. Selain itu juga sebaiknya menghindari makanan penyebab bau tak sedap pada nafas.  Mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin c, agar bisa mengurangi bakteri di mulut seperti jeruk, apel, pisang dll

5. Konsultasikan dengan Dokter Anda
Jika anda memiliki penyakit yang bisa menjadi pemicu bau mulut. Seperti bau mulut yang di akibatkan gangguan pencernaan Atau obat-obatan yang Anda konsumsi mengakibatkan nafas tak sedap. Anda bisa konsultasikan kepada dokter Anda bagaimana cara mengatasi penyakit anda dan hubungannya dengan bau mulut.

Tidak ada yang suka ketika bau mulut timbul saat kita berkomunikasi. Mencegah timbulnya masalah nafas yang tak sedap lebih baik untuk kita. Sedini mungkin kita mencari penyebab bau mulut yang kita alami agar tidak di jauhi orang lain lain saat kita berbicara. Tips diatas diharapkan bisa mengubah bau mulut menjadi harum. . Perhatikan kesehatan mulut anda, dan jangan lupa konsultasikan kepada dokter apabila kondisi bau mulut anda semakin memburuk.